HASIL SIDANG CSI KE 10 TGL 14 JUNI 2017 DI PN SUMBER KAB CIREBON

HASIL SIDANG CSI KE 10 TGL 14 JUNI 2017 DI PN SUMBER KAB CIREBON , Untuk info kali ini mengenai Hasil Sidang BMT CSI VS OJK yang ke 10 Tanggal 14 Juni Tahun 2017 di Pengadilan Negeri Sumber Kab. Cirebon :

1. Sidang ke 10 CSI Rabu 14 Juni 2017 dimulai pukul 10.30 Wib dan berakhir pukul 16.15 Wib.

Penasehat hukum menghadirkan 6 orang saksi, 5 saksi dari jajaran anggota CSI dan 1 orang saksi ahli ekonomi syariah. Mereka adalah :

1. Moh. Iriyadi anggota
2. Arie Efendi anggota
3. Kunedi anggota
4. Imron Rosadi anggota
5. Ahmad Juanda anggota
6.*DR. H. FATUROHMAN* Beliau Lulusan S2 (Master) dan S3 (DR) dr Universitas Malaya (UM) Sebuah Universitas bonafid dan tertua di Malaysia.

2. Lima orang saksi dari anggota CSI menerangkan tentang berbagai pembiayaan yg dilakukan CSI diantaranya pembiayaan kepemilikan mobil dg DP. 30jt, pembiayaan usaha seperti Jamur, usaha parfum dll.

3. Kehadiran lima orang saksi ini diharapkan bisa meyakinkan hakim bahwa Koperasi CSI dengan usahanya simpan pinjam dan pembiayaan itu memang ada.

4. Selain itu saksi Moh. Riyadi menerangkan telah digelarnya RAT Luar biasa yg intinya yakni menyerahkan sepenuhnya pengelolaan dana anggota kepada Bapak Moh. Yahya selaku ketua koperasi.

5. Penyerahan pengelolaan dana anggota kepada Bapak H. Moh. Yahya karena yakin bahwa beliau adalah org yang amanah selain itu track record selama memimpin CSI tdk pernah merugikan anggotanya.

6. Saksi DR. H. FATUROHMAN Ahli ekonomi syariah membedah prinsip transaksi dan perjanjian dalam sudut pandang syariah.

– Bahwa akad mudhorobah Mutlaqoh yg dilakukan CSI sudah sesuai dengan prinsip prinsip syariah.

– Penetapan keuntungan harus dilakukan pada saat akad ditandatangani oleh kedua belah pihak. Presentasi harus disepakati pada saat akad. Boleh ditentukan diawal.

– Koperasi syariah harus memiliki Dewan pengawas syariah dan ijinnya langsung dari kementeian koperasi.

– Prinsip syariah tdk membedakan apakah itu bank atau koperasi

– Pada akad mudarobah mutlaqoh tdk ada kewajiban pihak yg punya uang menanyakan uangnya dipake untuk usaha apa. Sohibul maal menyerahkan sepenuhnya kepada pengelola yg penting usahanya halal bukan usaha yg bertentangan dg hukum agama maupun pemerintah seperti jualan narkoba, miras dll.

– Bagi hasil berdasarkan kesepakatan bersama atas dasar suka sama suka, kerelaan dan salah satu pihak tdk ada yg terdzholimi atau dirugikan. Keuntungan yg diberikan berdasarkan kemampuan mudhorib atau pengelola.

7. Saat jaksa membacakan fatwa MUI Kab. Cirebon yg mengharamkan CSI, Abdul Rahman tdk sependapat dg fatwa tsb. Karena justru dr beberapa point pada fatwa tsb ada yg bertentangan dg prinsip syariah yg dikeluarkan Dewan Syariah Nasional.

8. Penetapan besarnya bagi hasil apakah dari keuntungan atau dari modal, menurut Abdul Rahman masalah ini adalah masalah khilafiah. Kedua duanya boleh.

9. Sidang CSI ke 11 dilaksanakan pada Hari Selasa Tanggal 20 Juni 2017 dengan agenda meminta keterangan saksi ahli koperasi dan pemeriksaan pimpinan CSI Bapak H. Moh. Yahya dan Bapak Iman Santoso.

Hasil Pencarian Dukun News :

sidang csi juni 2017,sidang csi cirebon,berita sidang csi com,hasil sidang csi juli 2017,www hasil sidang csi ke 15 d pn sumber cirebon,hasil sidang csi juni 2017,sidang csi 14 juni 2017,sidang csi 6 juni 2017

Bagikan Info Penting Ini ::