CARA MERAWAT BURUNG KENARI DI MUSIM HUJAN

CARA MERAWAT BURUNG KENARI AGAR CEPAT BUNYI GACOR PADA SAAT MUSIM HUJAN . Ketika memasuki musim penghujan telah tiba saat in..Tentu banyak sekali pecinta burung ocehan atau Cara Berternak Burung kenari khususnya yang merisaukan kesehatan ternak kesayanganya. Burung Kenari sejatinya burung yang tahan akan segala kondisi dialam aslinya(dialam liar).Namun berbeda keadaanya apabila burung kenari sudah berada dalam sangkar yang tidak bebas menentukan tempat dimana burung kenari akan singgah.Maka kita harus menjaga keadaan sangkar dan juga perawatan Yang extra pada kenari ini agar Cara Cepat burung kenari Bunyi Gacor Terus tetap dalam keadaan prima.

Agar tetap sehat dan prima, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar  Tips Merawat burung kenari  kita tetap terjaga kesehatanya diantaranya:

1. Kebersihan kandang/sangkar
Poin pertama yang harus anda perhatikan adalah kebersihan kandang/sangkar burung itu sendiri. Sebagai pencegahan, bersihkan sangkar/kandang setiap hari termaasuk kotoran dan tempat pakan/minum. Ini menjadi penting karena jika sangkar/kandang tidak bersih maka bakteri dan virus akan berdatangan dan tentunya akan menjangkit burung kesayangan anda. Untuk itu bersihkan kandang/sangkar setiap hari agar kondisi sangkar tetap bersih dan sehat sehingga burung anda pun tetap sehat pula.

2. Tempat pakan dan minum
Sama halnya pada poin pertama, kebersihan tempat pakan/makan dan tempat minum agar selalu dibersihkan setiap hari. Jika anda mengganti pakan dan minum burung, jangan lupa membersihkan wadahnya dengan cara disikat agar sisa-sisa makanan bisa hilang.

3. Penyemprotan kandang
Ini adalah tindakan berkala yang sebaiknya juga anda lakukan, yaitu menyemprot sangkar burung dengan disinfektan. Tujuannya adalah membunuh bakteri dan kuman yang menempel di sangkar burung sebelum berkembang. Penyemprotan ini bisa anda lakukan sekali dalam seminggu.

4. Pengerodongan sangkar
Pada saat musim hujan datang, tentunya langit sering mendung, angin berhembus kencang, dan cuaca menjadi lebih dingin. Dengan kondisi yang demikian, burung akan merasa kedinginan dan rawan pilek/flu. Untuk pencegahannya, jika kondisi mendung/hujan dan angin kencang, maka sebaiknya anda menaruh burung di gantangan dalam rumah, dan dikerodong. Gantangan sebaiknya berada di dalam ruangan yang tidak terkena hembusan angin secara langsung.

5.Pemberian Lampu pada kandang indukan

Kandang indukan betina pada ternak kenari seyogyanya diberikan lampu penghangat agar indukan betina dan juga anaknya terjaga kehangatannya pada musim hujan ini.

6. Pemberian multivitamin
Untuk poin terakhir adalah pemberian multivitamin yang cocok bagus untuk burung kenari . Saat musim hujan datang, ada baiknya anda memberikan multivitamin kepada burung kesayangan anda dengan frekwensi yang lebih tinggi. Sebagai contoh, jika di musim kemarau anda memberikan multivitamin 1-2 kali seminggu, tetapi saat musim hujan anda bisa memberikannya 3-4 kali seminggu. Ini dilakukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh mengingat cuaca yang ekstrem/lebih dingin. Multivitamin burung bisa anda dapatkan di banyak tempat di sekitar anda.

Bagikan Info Penting Ini ::