CARA MERAWAT ANAKAN BURUNG KENARI DENGAN BAIK DAN BENAR

CARA MERAWAT ANAKAN/PIYIK BURUNG KENARI DENGAN BAIK DAN BENAR AGAR TIDAK CEPAT MATI DAN MENANG KONTES DAN JUARA Pada usia dini/awal untuk anakan kenari atau piyik umur sekitar 30 – 60 hari, merupakan usia yang masih sangat rawan walaupun sudah mandiri untuk makan sendiri karena sudah terpisah dari indukan betinanya. Karena itu, beberapa hal penting memang harus lebih diperhatikan agar kesehatan & keberlangsungan hidup anakan bisa tetap terjaga sampai besar/dewasa.

A1. PAGI, jam 06.00/06.30 WIB

PAKAN DAN MULTIVITAMIN YANG COCOK UNTUK ANAKAN KENARI AGAR CEPAT GACOR :

Kita bisa memberikan makanan khusus anakan kenari berupa CD/CeDe (*merk bebas) asal dengan komposisi dan manfaat yang sama yaitu EGG FOOD, porsi secukupnya. Selanjutnya tambahkan telur puyuh setengah atau 1 butir (direbus dulu sampai matang), bisa digantung atau taruh dicepuk khusus.   Berikan juga jagung muda/manis, bisa dicacah dulu bagian kulit luarnya (agar bisa lebih mudah anakan memakannya). Untuk jenis buah lainnya bisa menggunakan buah Apel, bisa diselingi pemberiannya dengan buah jagung tadi setiap hari, (*menyesuaikan dengan jadwal saja, misal: Senin untuk buah jagung, Selasa buah apel, dst-nya), Selain itu, kita juga bisa memberikan sayuran bisa Selada ataupun Sawi Ijo/Bakso (setiap pagi pada jam ini untuk telur puyuh, buah & sayur harus selalu diganti dengan yang baru),Hal lainnya, walaupun belum terlalu bisa (baru belajar matuk-matuk) makan biji-bijian (Canary Seed) pakan biji-bijian tetap diberikan,  porsi secukupnya. Umumnya anakan sudah bisa lancar makan biji-bijian pada usia 35-40 hari ke atas, tergantung pada naluri masing-masing anakan.

NB: Penempatan kedua wadah/cepuk pakan untuk CD dan Canary Seed, dipasang pada sisi kiri & kanan sangkar, bisa di tangkringan atas ataupun tangkringan bawah. Penempatan cepuk bisa sesuai selera, asal tetap terjangkau oleh anakan kenari & pertimbangan ESTETIKA dalam sangkar. Setiap pagi pada jam ini, sisa pakan seperti kulit biji-bijian di kedua cepuk makanan (CD & Canary Seed) dibersihkan dengan cara ditiup perlahan, lalu tambahkan dengan yang baru dengan porsi secukupnya.

A2. KEBERSIHAN SANGKAR, MANDI & PENJEMURAN RUTIN [WAJIB]

Setelah pakan lengkap telah beres diberikan, lalu selanjutnya bisa mulai pembersihan sangkar, ganti alas koran dengan yang baru, intinya bersih-bersih sangkar pada umumnya. Khusus untuk mandi anakan, berikan cepuk khusus untuk mandi & usahakan JANGAN disemprot, karena kita tidak tahu kondisi asli anakan. Mandi merupakan Naluri, jadi biarkan anakan mandi dengan sendirinya. Jadwal mandi bisa selang seling setiap hari, misal: Senin – Mandi, Selasa – tidak mandi, begitu seterusnya. (Mandi bisa berbarengan dengan penjemuran)

Sekitar jam 7 pagi semua sudah beres, lalu sudah bisa melakukan penjemuran. Cukup 60 – 90 menit saja & diusahakan jangan lebih dari jam 9 pagi karena panasnya sudah mulai beda, yang penting penjemuran ini bisa dilakukan setiap pagi/rutin, Selesai dijemur jangan lupa untuk anginkan dulu di tempat yang teduh sebentar, 15 – 30 menit saja. Setelah itu bisa dimasukan ke dalam ruangan rumah (kalau taruh dihalaman rumah takutnya nanti dicuri orang) yang sejuk yang ada sirkulasi udara yang baik, Setelah dianginkan tadi anakan boleh dikerodong atau tidak dikerodong juga tidak apa-apa (yang penting tidak kena terpaan angin secara langsung/kencang). Nah pada waktu ini, jika mau dimasteri dengan kicauan burung lainnya (Ciblek, BT, Prenjak, dllnya) itu bisa dilakukan. Atau cukup ditempel dengan Kenari yang dewasa yang sudah gacor, agar naluri berkicau (ngeriwik) nya cepat keluar.

B. SORE, jam 16.00 WIB.

Buka kerodong (jika dikerodong) sangkar anakan pada waktu sore ini lalu bisa anginkan dulu sebentar 15 menit sebelum melakukan bersih-bersih sisa pakan, Sangat disarankan -> Semua sisa telur puyuh (*sudah bau), buah & sayur (*sudah layu) yang pada jam PAGI diberikan, pada waktu sore jam 16.00 WIB diangkat/diambil dari dalam sangkar. Hal ini kita lakukan agar anakan kenari tidak memakan sisa pakan yang sudah basi/layu/berbau busuk, jadi anakan kenari kesayangan kita bisa selalu sehat.  Setelah itu bisa dikerodong lagi, biarkan anakan kenari beristirahat sampai keesokan paginya lagi. Dan Jangan menunggu gelap baru dikerodong, karena cuaca tidak menentu, biasanya cuaca/terpaan angin sudah dingin, anakan kenari bisa sakit (nafas, masuk angin, dllnya).

Cara merawat anakan kenari yang siap tampil di arena kontes dan Juara adalah sebagai berikut :

1. Teliti dulu dengan jelas kedua indukan (jantan dan betina) dari kenari anakan yang ingin kita pelihara,saya menyarankan untuk tidak membeli kenari anakan dari breeder yang tidak mencatat silsilah dari anakan kenarinya,genetika memegang peranan penting dalam memilih seeekor anakan kenari,pilihlah anakan yang berasal dari indukan yang jantannya memiliki mental tempur yang baik (akan lebih bagus lagi kalau memang kenari juara),dan indukan betina yang sudah memiliki pengalaman dalam mengerami dan (kalau tidak diloloh tangan) sudah biasa meloloh anaknya,tentu saja kita perlu memastikan bahwa anakan tersebut berjenis kelamin jantan.

2. sebaiknya kenari anakan dibeli dari mulai maksimal umur 30 hari,lebih muda akan lebih baik,asalkan si anakan sudah belajar makan sendiri namun belum ngeriwik sama sekali,hal ini akan berkaitan dengan proses pemasteran mengenai lagu yang akan kita master kepada anakan tersebut.

3. lakukan pemasteran sesuai dengan tujuan anda untuk kelas kenari yang nantinya akan anda ikuti,baik itu kelas kenari standar,maupun kelas kenari isian,untuk tujuan kelas kenari standar,saya sarankan untuk tidak langsung memasternya dengan suara burung kenari,tapi yang paling bagus adalah dengan suara burung pleci yang ngerol dan memiliki variasi lagu yang bagus,hal ini akan berkaitan nantinya dengan cengkok/irama lagu dan panjang pendeknya pembawaan lagu serta cara pengambilan nafas dari kenari anakan tadi ketika membawakan lagunya,walaupun nantinya akan kita glenderkan juga dengan suara kenari standar.namun penting untuk memberikan pengetahuan kepada si anakan untuk belajar menirukan berbagai jenis suara lain sebelum nantinya diglenderkan dengan suara kenari standar,untuk tujuan kelas kenari isian,maka akan sangat baik apabila dimaster dengan Blackthrought (BT) atau Jalak Suren,usahakan memilih master BT yang mempunyai cengkok bagus,tidak terlalu rapat dan panjang lagunya,untuk master jalak suren,pilihlah jalak suren yang memiliki variasi cengkok tembakan bagus.memaster dengan MP3 ataupun dengan burung aslinya sama saja,namun akan jauh lebih bagus apabila memaster dengan burung aslinya.selama proses pemasteran ini ,kenari anakan sama sekali tidak boleh mendengar suara kenari lain.

4. Perawatan harian yang dilakukan adalah dengan memberikan semua jenis makanan pendamping yang dibutuhkan.voer 220volt kenari sudah memiliki semua nutrsi yang dibutuhkan,termasuk kalsium dan multivitamin serta mineral yang mampu memberikan asupan maksimal untuk menunjang pertumbuhan fisik dari si anakan tadi,makanan pendamping seperti sayuran (sawi hijau/selada air/buah apel/daun mengkudu) juga diberikan setiap hari secara bergantian,perlu juga memperkenalkan makanan hewani semacam kroto yang bisa diberikan 2-3 hari sekali secara rutin(untuk kroto,pilihlah telur semut yang berukuran kecil 10-15 butir)

5. Penting untuk mengetahui bahwa umur 1-4 bulan adalah masa pertumubuhan fisik yang sangat cepat sekali di alami oleh seekor anakan kenari,oleh karena itu kandang yang luas (kalau bisa sekali2 masukkan ke kandang umbaran) akan sangat berpengaruh kepada panjang pendeknya nafas dalam membawakan lagu2nya,dan tentu saja orga2 suara seperti pita suara dan lainnya akan mampu berkembang sempurna apabila kenari anakan tadi kita biasakan untuk berolahraga,proses ini tentunya juga berkaitan dengan proses penjemuran,usahakan agar kenari anakan tersebut selalu bisa mendapatkan sinar matahari pagi sebelum jam 10 pagi,ini penting berkaitan dengan pembentukkkan tulang dan rongga dada dari si anakan serta memaksimalkan pertumbuhannya. selama proses ini,proses pemasteran tidak boleh berhenti.

6. Umur 4 bulan ini,biasanya anakan tersebut sudah dapat bisa ngeriwik,dengarkan lagunya,apabila sudah mulai mengulang ritmenya,maka anakan ini bisa kita persiapkan untuk mulai diperkenalkan dengan kenari betina.tahap ini sebenarnya tidak hanya untuk melatih dan memberikan pengalaman reproduksi namun secara langsung juga turut memicu hormoin reproduksi dari si anakan,caranya adalah dengan membawa kenari betina berumur muda yang kemudian di tempelkan dan ditemukan setiap hari dengan kenari anakan kita,akan sangat baik apabila betina tersebut adalah betian yang lenjeh dan rajin memanggil dengan suara khas kenari betina.

7. Pada umur 5-6 bulan keatas untuk kenari yang bulunya tidak double (lokal super/AF) biasanya riwikan sudah mulai terdengar kasar,untuk kenari yang bulunya double (F1/F2) mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama (biasanya 8-9bulan) untuk bisa ngeriwik kasar dengan lagu yang mulai terdengar kasar.teruskan tahap 6 dan 7 ini sampai suara masteran mulai terdengar rutin di perdengarkan.

8. Untuk tujuan kelas kontes kenari standar,setelah tahap 7 sudah tercapai,maka bisa mulai di glenderkan dengan suara kenari standar,caranya adalah dengan membawa seekor kenari standar yang mempunyai lagu yang bagus,panjang atau pendeknya tidak masalah,nanti si anakan sendiri yang akan menyusun lagunya sendiri,dengan modal masteran suara burung lain yang pernah di dengarnya,maka suara kenari standar yang akan di bawakan oleh si anakan tadi akan terdengar “lain” dari suara kenari standar yang kita bawa ke rumah,perlu saya ingatkan bahwa untuk tahap ini,JANGAN PERNAH mempertemukan dulu antara kenari dewasa yang kita bawa kerumah dengan kenari anakan yang kita miliki.hal ini penting untuk menjaga kestabilan mentalnya,biasanya tidak berapa lama kemudian,suara kenari anakan kenari tadi akan pecah dengan lagu yang sama sekali baru,tidak perlu heran apabila suara isiannya selama ini akan hilang dan digantikan dengan suara kenari standar,tapi percayalah,bahwa cengkok dan cara pembawaan lagu nya tidak akan sama dengan kenari standar dewasa yang kita bawa,hal ini akan membuat susunan lagu kenari anakan kita memiliki cengkok yang bagus dengan durasi yang panjang…untuk kenari dengan kelas isian,maka sangat penting untuk tetap memperdengarkan suara masternya sampai suaranya pecah dengan tetap ditempel dengan kenari betina.

9.apabila suara kenari anakan kita sudah pecah, maka biasanya akan diikuti dengan level berahi yang naik secara drastis,kenari anakan tersebut akan mulai terlihat berahi yang ditunjukkan dengan suara cikcik dan nabrak2 jeruji serta terlihat mengelepar2kan sayapnya..pada tahap ini,maka kita sudah mulai bisa melakukan trik “kawin”seperti yang terdapat pada dokumen tentang trik “kawin”.carilah kenari betina yang sudah berahi dan lenjeh untuk mulai dikawinkan dengan kenari anakan kita,tidak perlu mengharapkan perkawinan yang betul,karena kita hanya memperkenalkan cara reproduksi yang sekaligus mulai mempersiapkan kestabilan berahi dan mentalnya.

10.setelah proses pada tahap 9 telah dilalui,mulailah membawa kenari anakan kita untuk ditemukan dengan kenari lainnya,mulailah dengan mempertemukannya dengan kenari muda lain yang umurnya tidak terlampau jauh,lihat perkembangan mentalnya,setelah terlihat mulai berani berbunyi bersama-sama,maka kenari anakan tersebut busah mulai bisa siapkan untuk masuk dalam perawatan siap kontes.

11.perawatan kontes untuk kenari sebetulnya tidak terlalu berbeda jauh dengan perawatn harian yang sudah kita lakukan dari semenjak awal,yang perlu kita lakukan hanyalah melakukan proses pemapanan melalui seringnya di bawa ke tempat2 latihan dan mulai di ajarkan rutinitas trik kawin,yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya jangan terlalu sering membawanya untuk di latih,cukup 1 kali seminggu dengan posisi gantangan yang berada di pinggir saja.

12. Dengan proses latihan yang rutin,maka kita dapat mulai melihat prestasi yang akan mulai diraih oleh kenari anakan kita,kepuasaan dalam menampilkan anakan yang kita rawat dari semenjak kecil akan sangat memberikan pengalaman bathin yang membanggakan bagi seorang pemain kenari.

Semoga artikel yang berjudul Cara Merawat Anakan Kenari/Piyik Untuk dijadikan Bibit Juara Kontes Burung adalah sebuah info yang sedang anda cari-cari

Bagikan Info Penting Ini ::